Minggu, 04 Desember 2011

Batam Krisis Ikan Lele


Terbaru / Putut Ariyotejo / Minggu, 21 Maret 2010 17:25

batampos.co.id – Para pemilik warung Sari laut mengeluh, sudah dua minggu belakangan ini mereka kesulitan mendapakan ikan lele di pasar. Aha, mungkin Anda juga merasakan saat hendak membeli di pasar bukan?!

Bagi ibu rumah tangga ketiadaan ikan lele hanya membuat kecewa karena menu kesukaan tidak terhidang tapi ada gantinya, menu lain yang tak kalah membangkitkan selera.

Kondisi ini lain bagi para pemilik warung itu, lele adalah salah satu menu andalan yang dijajakan. Ketiadaan lele di pasar tentu membuat mereka resah karena keuntungan jadi menurun, pelanggan tak bisa disuguhi menu andalan.

Huda salah satunya, pemilih warung sari laut di Simpang Kara ini mengeluh karena setiap pembeli yang bertanya menu lele ia hanya bisa menggelengkan kepala, tidak ada. Biasanya dalam sehari ia membutuhkan lele sebanyak 6-7 kilogram. Satu kilo bisa berisi 6 ekor lele. Ya setidaknya 40 lele setiap hari ia bisa jual.

Keluhan serupa dilontarkan oleh Bang Edhot, pemilik warung serupa di kawasan Windsor. Pemilik nama asli Jamin ini dalam sehari membutuhkan 25 kilogram ikan lele. 150 ekor lele bisa ia jual dalam sehari. Wow...

Pemilik warung yang tak kalah resah adalah Haji Kholil. Ia adalah pemilik warung sari laut Jagad SBY di Nagoya. Pria yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Jagad ini dalam sehari membutuhkan 40 – 50 kilogram lele. Kita ambil saja angka moderat, maka ia sanggup menjual 240 porsi menu lele penyet di warungnya.

Coba saja hitunga berapa warung yang menjual menu lele, anggap saja setiap warung butuh 6 kilogram lele. Wow, tak terbayangkan bukan?!. Belum lagi warung Padang dan sebagainya yang juga menyediakan menu lele.

Adakah Anda penggemar menu ikan lele? Kalau iya mungkin Anda merasakan krisis ini. Kholil mengaku krisis ini diakibatkan lele dari Malaysia tidak masuk Batam, sementara pasokan lele dari petani lokal tidak mencukupi kebutuhan pasar.

Kholil, dalam kondisi krisis ini, mengaku masih mendapatkan pasokan lele lokal meski jauh dari kuota biasa, sementara Huda sama sekali tak bisa.

Ada apa dengan pasokan ikan lele di Batam? ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar